Para CEO Terbaik Sepanjang Sejarah Perusahaan AS..!!!


https://i0.wp.com/www.buyingofthepresident.org/images/articles/HenryFord.jpg

(Vibiznews – Business) – Dalam sejarah berjaya atau hancurnya sebuah perusahaan tergantung kepada banyak faktor, terutama tentunya kinerja dari para pimpinan dan karyawan dari perusahaan tersebut. Akhir-akhir ini kegagalan atau keberhasilan dari perusahaan dinilai menjadi tanggung jawab dari sang CEO. Banyak CEO menghadapi cemoohan setelah perusahaannya jatuh bangkrut, dan tidak jarang pula yang dipuji-puji karena keberhasilannya membawa kesuksesan bagi perusahaan. Dalam business news kali ini akan diulas mengenai CEO-CEO terbaik di sepanjang sejarah perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat. (15/06)

Henry Ford
Dia bilang : Menyetirlah! Dan Amerika mendengarkannya dan mengikuti perkataannya. Henry Ford merupakan ayah dari ban berjalan modern dan mengubah dunia saat ia meluncurkan produk otomotif Model T dengan harga murah – harga produk ini sebesar 260 dolar di tahun 1924. Produksi Model T telah menimbulkan histeria permintaan terhadap mobil. Pada tahun 1914 Ford mengambil sebuah langkah controversial yang terbukti berhasil dengan meningkatkan upah buruhnya sebesar dua kali lipat menjadi 5 dolar per hari. Langkah ini telah mengurangi turnover pekerja, meningkatkan produktivitas, dan berhasil mencuri hati para insinyur dan mekanik terbaik di AS.

Henry Ford memulai perusahaan produsen mobilnya hanya dengan modal sebesar 28,000 dolar. Pada tahun 1918 setengah dari mobil yang dikendarai oleh masyarakat AS merupakan Model T produksi perusahaannya. Itulah yang kami sebut return on investment.

J.P. Morgan
J.P. Morgan adalah seorang jenius keuangan. Bahkan Warren Buffett sang Peramal dari Omaha yang dianggap sebagai jenius keuangan saat ini belum apa-apa dibandingkan pria yang memiliki nama lengkap John Pierpont Morgan ini. Tercatat dua kali J.P mem-bail out Departemen Keuangan AS. Pada periode depresi ekonomi tahun 1895 J.P.Morgan menyediakan emas senilai 65 juta dolar bagi Departemen Keuangan dengan jaminan obligasi pemerintah. Ia kembali menjadi dewa penyelamat pada tahun 1907.

Atas jasa-jasanya menyelamatkan ekonomi J.P.Morgan diabadikan menjadi sebuah kata dalam bahasa Inggris. Pada awal periode 1990-an sebuah proses penyelamatan perusahaan dikenal dengan istilah morganization

John D. Rockefeller
Sulit menemukan orang yang menyandang predikat monopolis sekaligus philantropis yang dapat menyaingi Rockefeller. Sementara ia memberikan banyak sumbangan kepada masyarakat miskin dengan sangat murah hati, Rockefeller memperoleh kerajaan bisnisnya melalui penghancuran, pemotongan, dan akuisisi agresif terhadap perusahaan-perusahaan rivalnya. Dalam periode pendek selama dua bulan di tahun 1872, Standard Oil, perusahaan miliknya telah berhasil mencaplok 22 dari 26 perusahaan minyak di Cleveland, tempat bermarkasnya perusahaan minyak tersebut untuk pertama kalinya. Hingga tahun 1879 Standard Oil telah menguasai 90% pasar untuk penyulingan minyak dan nyaris control penuh terhadap industry minyak di AS.

Rockefeller sempat mencapai puncak kejayaannya di tahun 1912 di mana nilai kekayaannya mencapai 900 juta dolar (19 miliar dolar untuk nilai uang saat ini). Akan tetapi pada saat ia meninggal dunia di tahun 1937 ia telah memberikan hampir seluruh kekayaannya kepada para ahli waris dan untuk amal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s